Yusuf Bachtiar: Essien Membanggakan, tapi Persib Butuh Gelandang Inspiratif

– Legenda hidup Persib Bandung Yusuf Bachtiar patut berbangga hati dengan berhasilnya perekrutan pemain kelas dunia Michael Essien untuk berlabuh ke Maung Bandung. Menurut dia, kehadiran Essien ke Persib menjadi poin positif bagi persepakbolaan Indonesia.
“Kalau saya, patut berbangga hati sekelas Persib mampu mendafangkan pemain top dunia. Poin bagus untuk Persib dan sepak bola Indonesia,” ucap Yusuf saat kepada “PR”, di Bandung, Kamis, 16 Maret 2017.
Menurut dia, dengan kehadiran Essien maka sekarang yang harus dilakukan Persib adalah bagaimana kemampuan itu bisa digabungkan dengan pemain yang ada. Minimal, kata dia, gabungan Essien serta Atep dan kawan-kawan membuat lawan ketakutan sebelum bertanding.
“Sekarang bagaiamana kemampuan Essien mampu digabungkan dengan pemain kita. Minimal lawan udah reuwas ti heula baru kedua adalah pembuktiannya di lapangan,” ujarnya.
Namun demikian, Yusuf meminta Maung Bandung untuk jangan terlali berharap penuh kepada Essien. Pasalnya, permainan sepak bola adalah permainan tim sehingga tidak bisa kemenangan hanya dibebankan pada satu pemain,” tuturnya.
“Jangan terlalu banyak berharap kepada Essien. Karena main bola adalah tim. Semua pemain memiliki fungsi. Jadi jangan hanya terpengaruh nama besar saja,” ujarnya.
Ketika ditanya apakah Essien bisa menjalankan perannya dengan baik jika ditempatkan oleh Pelatih Djadjang Nurdjaman sebagai attacking midfielder di Persib, kata Yusuf, hal itu sangat memungkinkan. Sebab, sebagai seorang gelandang Essien termasuk pemain dengan kemampuan lengkap dengan bisa menempati beberapa sektor lini tengah.
“Saya pikir dia mempunyai kemampuan level dunia sebagai gelandang serang. Apalagi nantinya ia hanya bermain di Liga Indonesia berbeda saat dulu dia memperkuat Chelsea, Real Madrid, AC Milan hingga terakhir di Panathinaikos FC kasta tertinggi Liga Yunani,” ujarnya.
Namun demikian, menurut dia, Essien sejatinya adalah gelandang dengan tipe penyeimbang tim. Sehingga, dia berpikir Essien akan tampil maksimal jika ditempatkan di sektor tersebut.
“Posisinya di gelandang saja karena mobilitasnya lumayan bagus. Dia juga penyeimbang tim. Selama membela Chelsea hingga AC Milan dia diposisikan disitu,” tuturnya.
Oleh karena itu, Yusuf tetap menyarankan agar Persib tetap merekrut seorang gelandang serang mumpuni seperti Makan Konate dan Marcos Florea. Sebab, jika mengandalkan pemain lokal yang ada sekarang yakni Dedi Kusnandar dan Gian Zola mereka seperti belum siap jika harus mengikuti kompetisi Liga 1 yang panjang.
“Tetap butuh pemain tambahan di gelandang serang dan seorang striker bertipe bomber. Gelandang serag yang ada sekarang sepertinya belum siap jika harus menjalani partai tandang. Jadi perlu sekelas Konate kalau mau juara lagi. Harus mencari gelandang serang inspirator,” ujarnya.***

montgomerycounty-maid-cleaning-service.com togel maya Sumber: Pikiran Rakyat