FIFA Siap Luncurkan Piala Dunia Format 48 Tim, Dibagi 16 Grup

Nantinya, 48 tim itu tidak akan bertarung melalui babak play-off seperti konsep pertama yang diusulkan Gianni Infantino. Tetapi, dibagi menjadi 16 grup; dengan masing-masing grup terdiri dari tiga negara.
Ide Piala Dunia dengan 48 tim bukan barang baru. Malahan sudah cukup lama, dan tinggal menunggu waktu. Pasalnya, ide ini merupakan janji Gianni Infantino saat berkampanye demi presiden FIFA saat ini. Suka tidak suka, Infantino harus mewujudkan ide ini untuk mengakomodasi kepentingan konfederasi yang mendukungnya dahulu. Infantino sendiri sudah punya konsep awal.
Ide pertama adalah, membuat Piala Dunia dengan 48 tim. Tetapi, 32 tim dengan peringkat FIFA terendah, akan menjalani play off terlebih dahulu. Dengan demikian, akan ada 16 tim yang lolos, yang dipertemukan dengan 16 tim dengan peringkat FIFA tertinggi. Total 32 tim tersebut akan menjalani penyisihan grup, seperti yang terjadi di Piala Dunia sebelumnya.
Namun ide ini bukanlah ide final. Diklaim AFP, ada sumber dalam FIFA yang menyebut, konsep Piala Dunia versi FIFA akan berubah. Peserta tetap akan membengkak jadi 48 tim. Tetapi mereka dibagi dalam 16 grup, yang masing-masing terdiri dari tiga tim. Nantinya, peringkat pertama dan kedua grup akan lolos ke babak 32 besar. Sementara peringkat ketiga otomatis gugur.

Babak 32 besar sendiri, akan tetap memakai sistem grup, yang setiap grupnya terdiri dari empat tim. Dengan demikian, dalam konsep baru ini, akan ada dua babak penyisihan grup di Piala Dunia hingga peserta terperas jadi 16 tim saja. Barulah setelah itu, babak sistem gugur dimulai dari 16 besar. Ide ini akan dilaksanakan mulai Piala Dunia 2026, alias setelah Piala Dunia Qatar.
Rencananya, ide format Piala Dunia ini akan didiskusikan pada rapat Dewan FIFA pada 9 hingga 10 Januari 2017 mendatang. Jika disetujui, jelas akan ada perubahan besar dalam turnamen terbesar sejagat tersebut.

montgomerycounty-maid-cleaning-service.com togel maya Sumber: Sidomi